Tanda dan Gejala Penyakit Kanker Kerongkongan

Kerongkongan
Penyakit kanker kerongkongan adalah kondisi dimana sel kanker tumbuh pada kerongkongan, dan dapat berpotensi untuk menyebar ke bagian organ tubuh yang berada di dekatnya. Kanker kerongkongan merupakan penyakit kanker paling umum yang banyak di derita oleh perokok dan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, kita perlu mencegahnya dan mengenalinya dengan melihat tanda dan gejala penyakit kanker kerongkongan ini dan segera mengambil tindakan.


Baca juga: obat kanker kerongkongan

Kerongkongan adalah tabung yang menghubungkan faring (tenggorokan) dengan lambung, berfungsi membawa makanan, cairan, dan air liur dari mulut ke lambung. Jika kerongkongan mengalami gangguan bisa berupa radang, infeksi dan kanker, maka berpengaruh pada fungsinya sebagai pengantar makanan ke lambung.

Gejala Awal Kanker Kerongkongan

  • Bunyi melengking saat bernafas 
  • Sulit untuk menelan 
  • Sakit pada bagian telinga
  • Berat badan turun secara drastis
  • Benjolan di sekitar area leher

Kanker menyebabkan kematian dan merupakan salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Penyakit kanker dapat dirawat dan bisa disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Merokok dapat menyebabkan banyak kanker daripada faktor lingkungan lainnya. Lebih baik mencegah kanker sejak dini, dari pada sudah terlanjur terkena akan sulit untuk diobati. Dan dengan mengenali tanda dan gejalanya, kita dapat langsung memeriksakan diri dan berobat.

0 Response to "Tanda dan Gejala Penyakit Kanker Kerongkongan"

Posting Komentar