Mengatasi Radikal Bebas di Dalam Tubuh

Radikal bebas dikenal sebagai molekul yang dapat memberikan efek negatif terhadap tubuh, dimana hal tersebut dapat menjadi salah satu pemicu datangnnya berbagai macam jenis penyakit. Radikal bebas dapat berasal dari faktor lingkungan, termasuk kebiasaan merokok, penggunaan pestisida pada makanan, polusi dan radiasi. Penuaan dini, kerusakan jaringan, dan kemungkinan timbulnya beberapa penyakit seperti kanker dan gangguan pada jantung adalah beberapa keluhan yang diakibatkan oleh radikal bebas yang mengendap di dalam tubuh kita.


Menangkal Radikal Bebas dengan Antioksidan

antioksidan
Sadar akan bahaya radikal bebas berlebihan pada tubuh yang cukup berbahaya, kita patut untuk mengupayakan agar dapat menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh kita. Antioksidan adalah zat yang dapat membantu kita untuk mengatasi atau menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Antioksidan sendiri bisa kita dapatkan di dalam jenis makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, betakaroten, selenium, zinc, mangan, dan senyawa flavonoid.

Baca Juga: Menurunkan Trigliserida Tinggi Secara Alami

Antioksidan banyak terdapat dalam buah dan sayuran segar. Vitamin E terdapat dalam gandum, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Betakaroten terkandung dalam wortel, brokoli, kentang, dan tomat. Vitamin C banyak terdapat dalam jeruk dan sayuran hijau. Sedangkan sumber selenium adalah ikan, telur, jagung dan padi. Tidak sulit untuk menemukan antioksidan dalam menu sehari-hari, namun cara pengolahannya harus diperhatikan agar kandungan antioksidan tidak terbuang.

Mencegah Radikal Bebas Masuk ke Dalam Tubuh
Upaya pencegahan untuk menangkal radikal bebas berlebihan dalam tubuh adalah dengan pola hidup sehat dan berhenti merokok adalah salah satunya. Hidup sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur. Hidup sehat dengan rutin olahraga dan istirahat yang cukup.

0 Response to "Mengatasi Radikal Bebas di Dalam Tubuh"

Posting Komentar