Penyebab Penyakit Kanker Darah

Kanker darah atau leukemiamerupakan kanker yang terjadi pada darah atau sumsum tulang yang di tandai dengan banyaknya maligna dari sel sel pembentukan darah pada sumsum tulang dan jaringan. secara umum sering terjadi pada sel darah putih (leukosit). Sel abnormal tumbuh pada sumsum dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Sel kanker darah memengaruhi hematopoiesis atau proses pembentukan sel darah normal dan imunitas tubuh.
penyebab penyakit kanker darah
Pada kasus kanker darah, sel darah putih tidak merespon kepada tanda/signal yang diberikan. Akhirnya, produksi yang berlebihan tidak terkontrol (abnormal) akan keluar dari sumsum tulang dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Jumlah sel darah putih yang abnormal ini bila berlebihan dapat mengganggu fungsi normal sel lainnya, Seseorang dengan kondisi seperti ini akan menunjukkan beberapa gejala seperti; mudah terkena penyakit infeksi, anemia dan perdarahan.

Penyebab Penyakit Kanker Darah:

Para ahli mengatakan, kanker darah ini biasanya dipicu jumlah sel darah putih yang tidak terkontrol sehingga bercampur dengan sel darah merah. Penyakit kanker darah bisa di picu oleh:
  • Virus. Beberapa jenis virus dapat menyebabkan leukemia, seperti retrovirus, virus leukemia feline, HTLV-1 pada dewasa.
  • Leukemogenik. Beberapa zat kimia dilaporkan telah diidentifikasi dapat mempengaruhi frekuensi leukemia, misalnya racun lingkungan seperti benzena, bahan kimia inustri seperti insektisida, obat-obatan yang digunakan untuk kemoterapi.
  • Radiasi. Hal ini ditunjang dengan beberapa laporan dari beberapa riset yang menangani kasus leukemia bahwa para pegawai radiologi lebih sering menderita leukemia, penerita dengan radioterapi lebih sering menderita leukemia, leukemia ditemukan pada korban hidup kejadian bom atom Hiroshima dan Nagasaki, Jepang.
  • Herediter. Penderita Down Syndrom memiliki insidensi leukemia akut 20 kali lebih besar dari orang normal.
Pada kanker darah, sel-sel kanker akan merusak sistem peredaran darah di dalam tubuh, mempengaruhi produksi darah, sirkulasi darah dan pemurnian darah. Alhasil, pada beberapa kasus sampai mempengaruhi kondisi sumsum tulang. Pengobatan yang dapat dijalani selain konsumsi obat kanker darah adalah: Transfusi sel darah merah atau platelet, Transplantasi bone marrow (sumsum tulang), Kemoterapi/intrathecal medications, Pemberian obat-obatan tablet dan suntik.